Monitoring & Evaluasi Kecamatan Kopo Tahun 2022

Monitoring & Evaluasi Kecamatan Kopo Tahun 2022

monitoring-evaluasi-kecamatan-kopo-tahun-2022

Kopo - Dalam rangka tertib Administrasi Pemerintahan Desa dan penggunaan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2022, maka Tim Monitoring Pelaksanaan Pemerintahan dan Dana Desa Kecamatan Kopo Kabupaten Serang kembali melaksanakan Monitoring dan Evaluasi pada Selasa, (19/07/22), di Desa Cidahu, Nyompok, Ranca Sumur.

Bertempat di Kantor Desa Cidahu, Nyompok, Ranca Sumur, Muhamad Ubaidillah, selaku Sekretaris Camat Kopo mengatakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) harus terus dilakukan agar penggunaan dana desa sesuai dengan sasaran dan tepat guna, kegiatan yang dilaksanakan tahun anggaran 2022. dalam kegiatan monev tersebut Tim Monitoring dari Kecamatan Kopo di antaranya Kasi Pemerintahan, Kasi PMD, dan beberapa Staff Kecamatan. Dan peserta monitoring di antaranya, Perangkat Desa Cidahu, Nyompok, Ranca Sumur.

Kegiatan monitoring dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan pemerintahan desa pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan desa, evaluasi serta pelaporan. Selain itu, monitoring dan evaluasi Tim Kecamatan kali ini lebih disasarkan sebagai pendampingan dan pembinaan terhadap pemerintah desa, agar berjalan sesuai dengan tupoksi yang ada. Hal ini sangat dibutuhkan oleh pemerintah desa sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan-perbaikan kinerja selanjutnya.

Pada kegiatan monev ini, yang menjadi bahan evaluasi adalah administrasi dan pelaksanaan kegiatan pembangunan fisik yang ada di desa. Materi monev terkait pengerjaan fisik dan administrasi SPJ.

Secara keseluruhan administrasi desa dan pembangunan fisik Desa Cidahu, Nyompok, Ranca Sumur. sudah berjalan baik, hanya saja perlu koordinasi lebih lanjut antar Kaur dan Kasi agar pengerjaan administrasi kegiatan pemerintahan desa lebih terarah, terperinci, lengkap dan teratur sesuai tugas pada tupoksi masing-masing. Selain itu juga disarankan untuk melengkapi beberapa data pendukung yang belum lengkap, baik administrasi maupun fisik agar siap menghadapi pemeriksaan dari inspektorat.